Putri Malu Yang Memiliki Banyak Manfaat

Putri Malu Yang Memiliki Banyak Manfaat

Plant Princess itu bahasa kerennya kalau kita menyebutnya putri malau sering keliru sebagai jenis rumput liar umumnya. Bahkan, tanaman ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Meskipun belum banyak digunakan, Anda harus tahu manfaat putri pemalu.

Nama latin dari tumbuhan ini adalah Mimosa pudica. Tanaman ini adalah anggota suku legumes dan termasuk jenis tanaman dan semak belukar. Karakteristik utama yang membedakan dari tanaman lain adalah daun yang mudah ditutup ketika disentuh. Oleh karena itu, tanaman ini diberi nama Putri Malu.

Tumbuhan tersebut dikenal sebagai salah satu obat yang merupakan yang baik untuk pasien dengan diabetes. Kemanjuran putri malu digunakan sebagai obat untuk luka-luka diabetes. Bagian yang diekstrak dan digunakan sebagai obat adalah akar nya.

Selain itu, putri pemalu juga dapat dikonsumsi sebagai obat batuk. Pelepasan daun putri malu dengan dosis tertentu diyakini untuk menyembuhkan batuk ampuh. Tidak hanya batuk, air dekosion ini juga diyakini untuk penyakit meringankan sistem pernapasan, salah satunya sakit flu.

Beberapa kandungan dari daun tumbuhan ini adalah zat mimosin, tanin, dan asam pipekolinat. Tumbuhan ini dapat menjadi obat untuk mengobati hepatitis. Konsumsi dari air rebusan dari tumbuhan tersebut diyakini mengurangi peradangan hati karena virus yang bisa menyebabkan hepatitis.

Menurut senapananginpedia.com selain menangani hepatitis, tanaman tersebut pada dasarnya baik untuk hati. Tanaman ini mengandung tanin ethanol yang dapat melindungi hati dari bakteri dan virus. Ekstrak daun putri malu dapat melindungi dari beberapa penyakit yang menyerang hati.

Selain itu, Putri Malu juga dikenal dapat menyembuhkan pendarahan dan infeksi. Tanaman ini dapat menghentikan pendarahan. Selain itu, infeksi karena pendarahan juga dapat ditahan. Jadi, tubuh dapat membentuk kulit baru dengan lebih baik.

Karena bisa mencegah infeksi, menyembuhkan luka dengan daun putri malu akan sembuh lebih cepat. Ini karena phenols dalam tanaman ini, terutama pada akarnya yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

Putri malu juga dapat mengobati wasir. Di tumbuhan tersebut ini juga terdapat astringent alami sebagai antiseptik.

Terakhir, putri malu juga bisa digunakan untuk meredakan insomnia. Zat melatonin di dalamnya berfungsi sebagai obat penenang.