Inilah Fakta Tentang Puting dan Payudara yang Harus Para Wanita Pahami

Payudara atau mammae merupakan organ tubuh yang menarik untuk fisik wanita dan memiliki peran untuk mengaktifkan seksual dan menjadi sarana untuk memberikan air susu pada bayi. Mammae memiliki jaringan ikat dan lemak, memiliki lobulus, lobus, pembuluh darah, ASI dan kelenjar getah bening. Lobus merupakan bagian dari mammae yang terbagi dalam beberapa lobulus dan memiliki kelenjar kecil sebagai produksi dari ASI. Jaringan mammae terbentuk ketika janin berusia minggu keempat dan jaringan ini berkembang pada dua saluran susu yang berasal dari ketiak. Mammae tidak terdapat jaringan otot. Bentuk serta ukurannya dari jaringan lemak.

Ligamen dan jaringan ikat pada mammae berperan untuk mampu mempertahankan struktur pada anatomi mammer dan daialmnya terdapat syaraf untuk memberikan sensasi. Lobus pada mammae wanita memiliki 15 hingga 20 lobus dengan bagian terkcilnya dan duktus merupakan saluran kecil yang akan menyalurkan air susu dari hasil lobus dan lobulus. Kaum wanita saat ini sering mengalami infeksi pada jaringan terutama ketika menyusui. Selain itu, wanita perlu mewaspadai munculnya bejolan pada payudaranya dan wanita berusia 15 hingga 35 tahun rentan mengalami fibroadenoma merupakan tumor jinak yang berada pada mammae dan tidak terasa sakit.

Berikut adalah fakta dari mammae:

Mammae merupakan gumpalan dari jaringan lemak yang terlapisi kulit pada bagian luar dengan berat 500 gram yang mengandung 4 hingga 5% seluruh lemak tubuh dan semakin banyak lemak pada dada maka semakin besar ukurannya.
Pada sebelah kiri lebih besar dari kanan karena hipersensitivitas pada kekebalan tubuh di kiri sehingga mengalami perubahan hormon estrogen namun sebagian yang kanan lebih besar atau yang paling jarang memiliki dada simetris.
Lingkar dada terbesar pada wanita Indonesia adalah 16p cm dengan penggunaan bra 32 hingga 34 dengan rentang cup A-C, mammae terbesar adalah Annie Hawkins dengan ukuran bra 48 V dan mammae terkecil berada di Malaysia dan Filipina.
Ukurannya dapat berubah sesuai dengan waktu mulai ketika memasuki masa menopause, selama kehamilan, menopause maupun mengalami kenaikan berat badan, semakin tua akan semakin melorot secara alami.

Selain itu, fakta lainnya adalah 82% wanita memberikan rangsangan seksual pada ada yang membuat ereksi, ereksi membuat puting berdiri setinggi lima buah koin. Hal ini membuat wanita dapat orgasme dengan stimulasi puting yang melepas hormon pemicu rasa cinta dan bahagia ketika berpelukan dan membuka otot vagina dan rahim untuk memicu orgasme. Terdapat empat jenis puting yaitu datar atau tidak menonjol, normal yang menonjol beberapa milimeter dari areola, menggembung membuat aerola sedikit lebih terangkat dan masuk ke dalam diaman bentuknya sedikit cekung.

Berikut adalah fakta puting mammae:

Ada wanita yang dilahirkan memiliki 3 puting atau lebih dan biasanya menyerupai tahi lalat atau sebagai tanda lahir dan tidak menjadi mammae sesungguhnya.
Puting dapat masuk kedalam jika bawaan lahir yang menyebabkan masalah pada sambung jaringan bawah puting, kulit dan ligamen dan tidak berbahaya dan diatasi melalui pembedahan.

Puting payudara memiliki aerola merupakan area tumbuhnya rambut halus pada sekitar puting dan hal ini cukup normal karena faktor genetik dan pengaruh hormonal. Jika terjadi pertumbuhan rambut terjadi akhir-akhir ini dan merasakan keluhan lain maka segera konsultasikan dengan dokter. Puting mammae merupakan area sensitif ketika disentuh dan memberikan reaksi sensorik jika tersentuh. Warna dari puting dapat berubah seiring perubahan hormon pada wanita yang sedang hamil maupun menyusui.