Bunga Mawar Dilihat Dari Segi Bisnis

Toko bunga papan 24 jam sangat memerlukan jenis bunga mawar yang dimana banyak sekali konsumen yang ingin memesan jenis bunga sejuta umat ini. Bunga ini adalah salah satu bunga paling favorit yang sering dipesan oleh banyak orang. Tidak bisa disangkal jika bunga mawar adalah salah satunya tanaman hias yang paling terkenal antara berbagai macam tanaman hias lainnya serta jadi bunga yang memiliki banyak fans. Mawar seringkali diibaratkan lambang dari perasaan cinta yang dimiliki seorang hingga beberapa orang yang memakai mawar jadi ekspresi rasa cintanya pada orang lain.

Kesempatan usaha tanaman hias bunga mawar

Sebab jumlahnya keinginan mawar berikut karena itu potensial usaha tanaman hias bunga mawar benar-benar menjanjikan. Minimal ada 5 (lima) kesempatan usaha tanaman hias bunga mawar yang menjanjikan.

  • Dipasarkan jadi tanaman hias. Tak perlu ditanyakan , jadikan bunga mawar jadi tanaman hias terbanyak dikerjakan orang lain. Tanaman hias bunga mawar dalam satu pot untuk mempercantik penampilan taman atau rumah.
  • Air bunga mawar jadi bahan makanan. Dalam industri makanan sekarang banyak yang manfaatkan bunga mawar jadi campurannya, khususnya industri kue
  • Usaha bunga potong mawar. Tidak hanya jadi tanaman hias banyak pula keinginan bunga mawar jadi bunga potong. Umumnya membuatnya jadi pemberian/hadiah pada orang kecintaan. Disamping itu biasa jadikan jadi bunga tabur di upacara kenegaraan atau jadi adat ritual
  • Bunga mawar jadi minyak wangi. Bunga mawar bisa diekstraksi minyaknya untuk membuahkan minyak wangi yang cukup wangi. Beberapa industry local bermain di sini.
  • Air bunga mawar jadi kosmetik kecantikan. Kosmetik atau pembersih muka dari air bunga mawar tidak susah diketemukan. Serta di mini market banyak yang jual

Variestas Bunga Mawar yang Mempunyai Kesempatan Usaha Tanaman Hias

Di indonesia bunga mawar lumayan banyak disukai, baik itu digunakan untuk menghadiahkan atau memang dibudidayakan jadi kesempatan usaha tanaman hias. Tipe bunga mawar yang banyak bertumbuh yakni tipe mawar hibrida yang datang dari Belanda.

Tapi tipe mawar yang terbanyak disukai adalah mawar type Hybrid Teadan Medium, mawar type ini memiliki macam warna yang variasi, dari mulai warna putih sampai merah padam. Mawar ini juda memiliki tingkat produksi yang tinggi yaitu di antara 120 – 180 kuntum bunga/m2 dalam satu tahun.

Varietas mawar hibrida (Hybrid Tea) ini telah di tanam di Indonesia oleh PT Perkebunan Mangkurejo adalah : diplomat, coctail, jacaranda, idole, laminuette, samorai, sonia, vivaldi, tineke, sweet sonia, osiana, sonata de meilland, white success serta yonina.

Sedang mawar dengan type medium diataranya yakni adalah sissel, jaguar, laser serta kiss, dan golden times.

Kelebihan dari tipe mawar hibrida adalah ketahanan serta macam warna yang dipunyainya lebih menarik daripada lainnya. Untuk ukuran batang dari mawar type hibrida adalah 80-120 cm, sedang untuk type medium adalah 40-60 cm.

Beberapa varietas mawar ini dianjurkan untuk dibudidayakan pada dataran rendah seperti frad winds, golden lustee, Mr.Lincoln, serta Camelot yang tetap digunakan jadi mawar potong.

Wilayah Penanam Usaha Tanaman Hias Bunga Mawar

Ini jadi rujukan Anda sebelum mengawali usaha. mungkin Anda dapat pergi lihat pembudidayaan bunga mawar terlebih dulu. Wilayah pusat penanaman mawar di dunia terdapat banyak di daerah alaska atau siberia, india, afrika utara serta di indonesia.

Sedang untuk pusat penanaman bunga mawar potong, tabur dan tanaman pot di Indonesia dibuat di wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, serta wilayah DKI Jakarta.

Hal Yang Punya pengaruh Pada Perkembangan Mawar

  • Iklim

Angin tidak punya pengaruh dalam perkembangan mawar
Mawar memiliki daya menyesuaikan yang sangat luas pada lingkungan, mawar bisa ditanam di wilayah beriklim dingin atau wilayah beriklim tropis.
Tingkat curah hujan paling baik untuk perkembangan bunga mawar adalah wilayah dengan curah hujan sebesar 1500-3000 mm/tahun.

  • Media Tanam

Penanaman mawar dapat dikerjakan pada pot atau pada tanah perkebunan. Tanaman mawar ini pas buat ditanam pada tanah liat berpasir yang memiliki kandungan simak sebesar 20 – 30 %.
Mawar dapat juga ditanam pada tanah andosol, latosol yang memiliki karakter fisik serta dan kesuburan yang lumayan bagus. Derajat keasaman dari tanah yang cocok yaitu PH di antara 5,5 sampai 7

  • Ketinggian tempat

Mawar dapat tumbuh di ketinggian di antara 560 – 800 mdpl, 1100 mdpl, sampai 1400 mdpl dengan memerhatikan suhu udara minimal.
Di Indonesia bunga mawar bisa tumbuh serta produktif di dataran rendah sampai dataran tinggi atau pegunungan sekalinya.

  • Dasar Budidaya

Sebelum melakukan pembudidayaan maawar potong faktor-faktor yang perlu dilihat adalah :

-Pembibitan

-Penentuan media tanam yang pas

-Pemupukan

-Dan perawatan dengan teratur untuk memperoleh hasil panen sesuai keinginan.