Ingin Kuliah Di Jurusan Teknik Arsitektur? Ini Prospek Peluang Kerjanya

arsitek
Teknik arsitektur adalah salah satu jurusan dari satu bidang keilmuan teknik yang mengajarkan cara mendesain bangunan secera efektif sehingga memicu nilai estetik, struktur dan selaras dengan lingkungan. Banyak sekali cabang keilmuan terkait yang harus dipelajari dalam jurusan teknik arsitektur ini, diantaranya adalah matematika, sains, seni, ilmu warna dan teknologi terapan lainnya.

 

Pemahaman teknik arsitektur dengan cara penggabungan ragam keilmuan tersebut akan mendukung karya bangunan yang estetis lagi memukau. Mengingat ketertarikan anak muda terhadap jurusan arsitektur setiap tahunnya meningkat, membuat sejumlah universitas negeri maupun swasta di Indonesia menyediakan tempat khusus bagi calon mahasiswa yang tertarik masuk dalam bidang arsitektur ini untuk nantinya berkarya sebagai seorang arsitek.

 

jasa arsitek

 

Jangan khawatir menganggur ketika lulus kuliah, sebab jurusan arsitektur ini sama dengan jurusan lain di bangku perkuliahan. Teknik arsitektur juga memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan setiap lulusannya bagi masa depan kelak. Oleh karenanya Anda tak perlu takut ketika tahun ajaran baru ini jurusan arsitektur menjadi bidang keilmuan yang nantinya hendak Anda tekuni sebagai sebuah pekerjaan.

 

Banyak sekali profesi bergengsi yang nantinya dapat menjadi wadah dalam mencari penghasilan maupun mengeksplorasi buah pikiran dalam menciptakan karya yang spektakuler setelah lulus sebagai arsitek. Diantaranya adalah profesi arsitek sendiri, kontraktor, developer, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di suatu instansi yang mengendalikan jasa arsitek, konsultan arsitektur hingga guru atau dosen arsitektur.

 

prospek kerja jurusan arsitektur

 

Namun dari banyaknya bidang prospek profesi lulusan arsitektur yang bisa menjadi wadah eksplorasi diri tersebut diatas, umumnya lulusan teknik arsitektur cenderung memilih sebagai arsitek. Setelah lulus di bangku perkuliahan jurusan arsitek tak sedikit yang mendaftarkan diri dan bergabung kepada biro perusahaan arsitek sebagai naungannya menyalurkan keilmuan yang sudah didapatkannya selama perkuliahan. Tetapi banyak pula yang memanfaatkan peluang lowongan pekerjaan dari pemerintah dalam suatu instansi sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan sejumlah keistimewaanya. Bagi mereka yang ingin berdiri sendiri dan hendak merintis sebuah usaha juga cenderung mengeksplorasi dirinya dalam bentuk tulisan di sebuah situs sebagai expert author di bidang ini.

 

Nah itulah jurusan arsitek dan prosepek kerjanya yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menjadi gambaran ketika hendak memilih jurusan di bangku perkuliahan.