Cara Promosi Bisnis Online dengan Biaya Rendah

Melakukan penawaran atau promosi bisnis online merupakan cara terbaik untuk mengenalkan dan memperoleh penjualan. Biaya promosi seringkali menjadi kendala bagi pelaku bisnis, khususnya bagi pebisnis dengan modal kecil. Namun, hal itu tidak menjadi masalah besar dengan mengetahui cara promosi produk dengan biaya murah berikut.

1. Promosi dengan Media Sosial

Kegiatan promosi tidak hanya tentang share konten di media sosial. Pastikan penggunaan sosial media sesuai dengan jenis produk bisnis online. Sebagai contoh, produk fashion cocok menggunakan media sosial yang menonjolkan visual seperti Instagram, Pinterest, dan Youtube. Jika produk bisnis berupa konsultasi, maka media sosial yang cocok yaitu LinkedIn, Twitter dan Facebook. Manfaatkan Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads untuk mengoptimalkan promosi produk dengan biaya yang cukup terjangkau.

2. Bergabung dengan Marketplace

Bergabung dengan marketplace memberikan keuntungan promosi bagi bisnis online. Produk akan muncul secara otomatis ketika orang melakukan pencarian sesuai kata kunci produk pada situs marketplace. Selain itu, layanan lain juga menguntungkan bagi pelaku bisnis online seperti gratis ongkos kirim, dikson, dan voucher.

3. Membuat Konten di Website

Konten yang ditampilakn di website bertujuan untuk mempromoisikan produk berupa artikel, video, dan foto. Konten artikel dinilai cara promosi yang paling mudah dan murah. Susun artikel dengan teknik copywriting yang baik sehingga menarik pembaca untuk membeli produk. Jika tidak bisa membuat sendiri, bisa gunakan jasa penulis artikel profesional.

4. Promosi di Facebook Group

Saat ini, pengguna aktif Facebook masih berada di peringkat pertama. Banyak komunitas atau facebook group terbentuk dengan beragam topik. Lakukan promosi produk yang sesuai dengan komunitas tersebut dengan teknik softselling sehingga tidak mengganggu anggota.

5. Menggunakan Email Marketing

Teknik promosi ini membutuhkan kemampuan menulis yang mampu menarik pembaca untuk membeli produk yang dipromosikan. Tulis artikel dengan jelas dan singkat. Email marketing menjadi teknik promosi yang efektif karena promosi dikirimkan ke list email pelanggan.

6. Manfaatkan Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan cara promosi dengan merekomendasikan produk oleh para affiliate melalui media sosail, website, dan forum. Cara ini hanya tidak membutuhkan biaya di awal. Pemilik bisnis akan membayar komis jika produk telah terjual oleh affiliate.

Dari 6 cara promosi bisnis online di atas, hampir semuanya menggunakan biaya yang murah. Dengan menjalankan promosi yang benar, maka produk akan dikenal luas dan secara tidak langsung bisa meningkatkan penjualan.