Ini Cara Pasang Lantai Vinyl yang Awet

Cara pasang vinyl roll

Lantai vinyl saat ini menjadi pilihan bagi hunian berkonsep minimalis sebagai penghias lantai ruangan agar menjadi lebih menarik. Lantai ini terbuat dari bahan vinyl yang kuat, anti air, dan tidak mudah sobek. Biasanya  pelapis lantai ini dipasangkan pada lantai semen untuk menciptakan tampilan yang lebih indah, namun dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan lantai berbahan keramik. Ada beragam motif lantai vinyl yang tersedia di pasaran dan bisa anda sesuaikan dengan selera anda. Lantai vinyl sendiri tersedia dalam model plang dengan ukuran 10-20 cm dan panjang berkisar 90-100 cm. Sementara ada pula yang tersedia dalam bentuk gulungan panjang  dengan lebar 2 meter dan panjang hingga 25 meter. Cara pasang vinyl roll maupun  plang sebenarnya hampir serupa, karena anda hanya butuh merekatkan pelapis ini pada lantai ruangan. Berikut ini cara pasang lantai vinyl yang tepat :

baca juga lantai vinyl bandung

Ukur Ruangan dengan Tepat

Cara pasang lantai vinyl yang pertama, anda tentu harus menyiapkan vinyl sesuai ukuran ruangan yang ingin anda pasangi vinyl. Ukur dengan tepat agar anda membeli vinyl sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih vinyl plang maupun roll yang memiliki keunggulannya masing-masing.

Bersihkan ruangan dari perabot 

Agar pemasangan vinyl dapat lebih mudah efektif, singkirkan terlebih dahulu perabotan yang ada di ruangan seperti lemari, meja, kulkas, dan sebagainya. Pastikan ruangan dalam kondisi kosong tanpa perabot. Dengan demikian, anda bisa memasang lantai vinyl dengan lebih cepat, rapi, dan efektif.

baca juga: kusen aluminium bandung

Bersihkan lantai dari debu dan air

Bila anda memasang vinyl sendiri, pastikan lantai sudah dalam keadaan bersih. Sapu, pel, atau vacum lantai tersebut agar bebas dari debu dan kotoran yang bisa membuat penempelan vinyl tidak sempurna. Cara pasang lantai vinyl sendiri sebenarnya sangat mudah dilakukan tanpa harus mempekerjakan tukang bangunan.

Coba rangkai lapisan vinyl yang sudah disiapkan sebelum dipasang

Jika anda belum yakin pada model atau susunan pemasangan, ada baiknya anda mencoba merangkai vinyl tersebut sebelum direkatkan. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana hasil jadi lantai anda sebelum terpasang. Anda juga bisa lebih yakin dalam memasang setiap lembarnya. Setelah itu lakukan pengeleman dengan lem vinyl yang berkualitas agar hasilnya kuat dan tahan lama.