Prediksi Ekonomi Digital Indonesia di Masa Mendatang

ekonomi digital indonesia

Ekonomi digital Indonesia tahun 2020 diprediksi lebih memegang peranan penting bahkan Indonesia dapat menjadi ladang ekonomi digital yang paling besar se-Asia Tenggara. Ini tentunya dilihat dari berbagai perkembangan pada semua bidang sektor berbasis digital yang dimanfaatkan penduduk Indonesia dalam berbagai bidang.

Pencapaian Besar Perusahaan Digital

Ini juga dibuktikan dimana berbagai perusahaan berbasis digital di tahun pertamanya saja sudah bisa mencapai Rp 40 triliun. Angka ini bahkan naik lebih tinggi dibandingkan sektor makanan dan minuman.

Mengingat saat ini hampir semua aktivitas manusia dapat dilakukan atau diselesaikan dengan sistem digital, maka perusahaan digital ke depannya diprediksi semakin maju dan berkembang. Belum lagi gaya konsumtif masyarakat Indonesia yang senang berbelanja online.

Memang banyak sekali keuntungan belanja online, bahkan  makanan dan minuman pun saat ini sudah bisa didapatkan dengan belanja online. Ini juga sebagai bukti bahwa sistem digital semakin masuk lebih dalam ke kehidupan masyarakat Indonesia.

Melihat kondisi  perusahaan rintisan yang berbasis digital sangat baik perkembangannya di tahun-tahun lalu. Maka akan bisa lebih maju lagi di tahun depan yakni tahun 2020. Ini dipengaruhi oleh berbagai faktor tentunya. Kemudahan semua hal dapat dijangkau secara digital membuat masyarakat Indonesia lebih memilih yang praktis dibandingkan hal yang bertele-tele.

Prediksi Transaksi Digital 2020

ekonomi digital indonesia

Jika dilihat berdasarkan apa yang terjadi, selama beberapa tahun belakangan sektor finansial teknologi yang memegang peranan penting dalam transaksi ekonomi digital Indonesia. Maka ini akan terus berlanjut sampai tahun 2020.

Prediksinya di sektor finansial teknologi lebih tinggi dibandingkan sektor e-travel dan e-commerce. Jika dilihat, pada kesepatan investasi startup sebagian besar memang masih dikuasai oleh investor lokal bahkan sampai angka 54 persen. Namun  jika dilihat dari segi nilai, maka sebesar 72 persen berasal dari investor asing.

Perusahaan lokal mulai sadar bagaimana investor asing mengeruk pasar Indonesia sehingga kemudian memotivasi mereka untuk terus bersaing. Kini startup pun diambil alih seperti Bank Mandiri  saat ini investasinya di beberapa perusahaan berbasis fintech.

Baca Juga: Harga 100 Lembar Plastik Kemasan Sablon Plastik di Jogja

Berbagai masalah perekonomian Indonesia sehingga sangat diharapkan  kedepannya, perekonomian Indonesia bisa terus mengalami perkembangan. Bahkan bulan Agustus 2019, proyeksi Bank Indonesia  di bidang ekonomi digital dapat memberi sumbangan sebesar 10 persen untuk produk domestik bruto Indonesia pada tahun 2025 mendatang. Selain menciptakan banyaknya lapangan kerja, sektor ini juga melahirkan berbagai pengusaha.

Tantangan Ekonomi Digital 2020

Meskipun dari awal Indonesia sudah mengalami perkembangan dan bisa dibilang lebih maju. Tetapi bukan berarti ke depannya semua akan berjalan dengan baik. Kendala pasti ada, apalagi berbagai negara lain tentu berkompetisi juga agar masuk sebagai ekosistem terbesar di Asia Tenggara.

Jadi bukan hal yang mudah menaklukkan berbagai negara lain mengingat hingga kini masih banyak masyarakat Indonesia yang melek teknologi. Bahkan pemuda-pemuda Indonesia belum bangkit sepenuhnya memperbaiki kondisi perekonomian negara Indonesia.

Maka agar prediksi tahun 2020 terwujud, diperlukan berbagai pihak bekerja dengan baik agar perekonomian Indonesia diakui secara internasional melalui sistem digital. Teknologi dalam hal ini sangat penting untuk menunjang kemajuan Indonesia. Tetapi dilIhat banyak warga negara Indonesia yang kurang bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan baik. Ini menjadi kendala jika ingin ekonomi digital di Indonesia berkembang pesat.

Namun, di program ataupun aplikasi digital yang akhir-akhir ini banyak diluncurkan sudah menarik perhatian warga Indonesia untuk belajar dan memanfaatkan sebaik mungkin teknologi yang ada. Termasuk di dalamnya finansial teknologi yang berpengaruh pada ekonomi digital Indonesia.