Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Buah Naga

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Buah Naga

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Buah Naga

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Buah Naga – Berdasarkan atas kelompoknya, bunga Buah Naga termasuk ke dalam ciri – ciri bunga sempurna yaitu mempunyai dua organ seksual yaitu jantan dan betina dalam setangkai bunga pada dua pohon yang sama.

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Buah Naga
Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Buah Naga

Nah untuk informasi lengkap tentang organ – organ seksual dalam setangkai bunga Buah Naga maka di bawah ini akan kami sampaikan ulasan singkat tentang bagian – bagian terpenting yang patut untuk anda kenal guna memudahkan nanti dalam proses penyerbukan bunga Buah Naga.

Tangkai bunga adalah sebuah tempat guna melekatkan semua organ bunga pada bagian batang atau cabang. Dasar bunga adalah salah satu organ tubuh bunga yang hanya ada saat mahkota bunga masih dalam kondisi kuncup.

Mahkota bunga adalah organ tubuh bunga yang memiliki fungsi sebagai media pelindung terhadap bagian – bagian dari organ seksual bunga. Stigma adalah salah satu organ tubuh dari Buah Naga yang berfungsi sebagai tempat bakal biji buah dimana nantinya akan tumbuh subur setelah usai melakukan penyerbukan.

Benang sari adalah salah satu organ seksual jantan yang letaknya berdekatan dengan putik sehingga memiliki fungsi sebagai pembantu untuk memperlancar pembuahan. Terakhir adalah putik yaitu organ seksul betina dari bunga Buah Naga yang berfungsi sebagai tempat stigma melekat.

Jenis – Jenis Penyerbukan Dari Bunga Buah Naga

1. Penyerbukan Bunga Buah Naga Oleh Lebah

Bunga yang ranum / sedang mekar dan berusia muda akan menebarkan aroma khas yang mampu memikat Lebah Madu untuk menghampirinya. Selanjutnya adalah Lebah akan menghisap nektar dari bunga Buah Naga dibagian polen. ‘Polen’ bunga Buah Naga berbentuk menyerupai serbuk yang menyebabkan polen mudah menempel pada sekujur tubuh Lebah.

Setelah selesai menghisap nektar dari polen bunga Buah Naga maka Lebah – Lebah tersebut akan keluar satu per satu dari bagian polen.

Proses tak beraturan ini seperti berhamburan berebut keluar akan menyebabkan polen yang melekat pada masing – masing tubuh Lebah pada berjatuhan ke bagian stigma lalu melekat di bagian putik. Ketika ada proses putik berdampingan dengan polen maka terjadilah proses pembuahan.

Beberapa hari selanjutnya bakal biji akan mulai bermunculan di dalam bakal buah dengan ciri yang mudah dikenali yaitu berwarna hitam dengan bentuk bulat.

2. Penyerbukan Bunga Buah Naga Oleh Tangan Manusia

Sediakan bunga Buah Naga yang banyak mengandung polen dan benang sari segar yang mengeluarkan aroma menyengat.

Organ jantan dari bunga Buah Naga terletak dibagian dalam yang memiliki bentuk berupa serbuk dengan warna cantik yaitu putih atau kekuningan. Sedangkan bagian organ betina memiliki bentuk seperti ‘brush’ dimana mempunyai ketinggian yang mencukupi dari organ jantan. Juga didukung oleh warna bunga Buah Naga hampir mirip dengan organ jantan dari bunga Buah Naga tersebut.

Satukan polen dengan brush lalu tempatkan pada bagian stigma yang sudah disediakan sebelumnya dari bunga Buah Naga. Anda dapat memilih bunga yang sama dalam satu pohon atau yang berbeda. Ketika anda berhasil menyatukan stigma dengan polen maka tinggal menunggu hari saja akan terjadi pembuahan. Dalam hal ini disarankan memakai jenis tanaman yang berbeda saja. Jadi anda menggunakan 2 pohon Buah Naga yang siap melakukan penyerbukan dengan cara campur tangan manusia.

Sebagai bahan informasi, ketika anda terlalu fokus terhadap terjadinya proses penyerbukan dengan cara tersebut di atas, biasanya anda lupa terhadap hama dan penyakit yang rentan menyerang tanaman Buah Naga yang baru saja anda kembangkan melalui proses penyerbukan.

Maka dari itu jangan lupa selama melakukan penyerbukan, perhatikan hama dan penyakit yang suka menyerang tanaman ini yaitu pada tunas – tunas baru, gunakan Pestisida secukupnya saja untuk pemakaian yang dianggap perlu.

Demikianlah Info Pertanian yang bisa kami berikan kepada para pembaca yang baik hati tentang proses, cara, dan jenis penyerbukan bunga Buah Naga, semoga bermanfaat !