Cara Mudah Merawat Gigi Berkawat di Klinik Gigi Jogja

 

Memiliki gigi cantik memang perlu perjuangan. Tak hanya menahan rasa sakit ketika pemasangan kawat gigi dan merasakan sensasi setelah beberapa jam menyelesaikan pemasangan.

Anda, yang selesai memasang kawat gigi Jogja masih harus berjuang lagi agar tujuan pemasangan kawat gigi Jogja tercapai. Salah satu perjuangan setelah memasang kawat pada gigi adalah melakukan perawatan.

Perawatan gigi berkawat tidak bisa disepelekan. Anda harus selalu membersihkan gigi dan kawat, karena jika tidak dirawat dengan baik justru akan mengganggu kesehatan mulut dan gigi. Untuk merawat gigi berkawat cukup mudah, asal Anda konsisten melakukannya ya.

Menggosok Gigi dengan Sikat Gigi Khusus di Klinik Gigi Jogja

Merawat gigi biasa dengan gigi yang berkawat memang sedikit berbeda, termasuk cara menggosok gigi. Pada gigi berkawat sebaiknya gunakan sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus dan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride utnuk mencerahkan gigi serta mencegah pengeroposan.

Untuk gigi bagian atas, sikatlah gigi dengan gerakan dari atas ke bawah. Sebaliknya, untuk gigi bagian bawah, sikatlah dengan gerakan dari bawah ke atas. Gerakan ini dilakukan pada tiap-tiap gigi. Lalu, gunakan sikat gigi kecil khusus kawat gigi untuk membersihkan kotoran di sela-sela kawat.

Menggunakan Air Garam untuk Berkumur

Beberapa jam setelah pemasangan kawat gigi, rasa nyeri di area gigi dapat muncul. Hal ini disebabkan karena gigi belum bisa beradaptasi dengan tekanan yang diberikan kawat gigi. Untuk mengatasinya, Anda bisa berkumur dengan air garam. Cukup campurkan 2sdm garam, larutkan dalam segelas air. Gunakanlah secara rutin dua kali sehari saat pagi dan malam hari.

Menggunakan Obat Kumur

Setelah nyeri pada gigi hilang, Anda bisa mengganti air garam dengan obat kumur. Berkumur menggunakan obat kumur (mouthwash) adalah cara merawat gigi berkawat yang efektif membantu melawan kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang. Pakailah obat kumur setiap habis menggosok gigi.

Membersihkan Sela Gigi dengna Benang

Gigi berkawat lebih rentan terhadap pembentukan karang. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan benang khusus gigi yang mengandung wax. Cara menggunakannya pun mudah. Cukup masukan benang di antara gigi dan kawat, tekan benang secara perlahan ke dalam sela gigi lalu gerakkan naik-turun seperti membentuk huruf U. sebaiknya Anda gunakan benang yang cukup panjang, kurang lebih 50 cm. Datang ke klinik gigi Jogja agar mendapatkan pelayanan terbaik.