Beginilah Cara Menulis Artikel Konseptual Yang Baik Dan Benar

Cara menulis artikel konseptual

Informasi bisa dimuat dimanapun, baik berupa media cetak maupun online. Seperti penyampaian informasi melalui media online, bisa berupa artikel. Artikel banyak sekali jenisnya, tergantung dari informasi yang dimuatnya. Salah satunya adalah artikel konseptual. Isu yang dibahas dan cara menulis artikel konseptual pun lumayan berbeda dengan artikel pada biasanya.

Pengertian Artikel Konseptual

Sebelum mengetahui cara membuat artikel konseptual, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui apa itu artikel konseptual. Jadi, artikel konseptual adalah jenis artikel yang memberikan pandangan teori yang baru, membahas isu-isu seputar hangatnya sebuah profesi, dan terkadang artikel konseptual hadir sebagai bahan perbaikan pada artikel sebelumnya.

Cara Membuat Artikel Konseptual Yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui pengertian dari artikel konseptual, tentunya pembaca ingin mengetahui seperti apa cara membuat artikel tersebut. Sebenarnya banyak sekali jasa penulis artikel yang bisa menjadi alternatif untuk membuatkan artikel semacam ini. Ada beberapa cara yang bisa menjadi bahan referensi untuk membuat artikel konseptual ini, yaitu :

1. Mengembangkan Ide

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai pendahuluan jika ingin menulis artikel konspetual adalah dengan mengembangkan ide. Ide disini bukan serta merta yang langsung muncul begitu saja, melainkan bentuk pengembangan dari literatur sebelumnnya (penyempurnaan gagasan).

2. Tinjauan Literatur

Selanjutnya cara menulis artikel konseptual adalah dengan banyak membaca literatur terkait isu yang akan diangkat. Penulis harus memberikan artikel dengan konspetualisasi gagasan, ide, atau teknik. Disini, ketelitian dalam mereview dan mendalami literatur sangatlah penting.

3. Penyampaian Gagasan Baru

Dengan banyak membaca dan mendalami literatur yang ada, diharapkan tercipta gagasan baru. Gagasan ini sangat diperlukan dalam membuat artikel konseptual. Dalam artikel konseptual, dimana difokuskan dalam pengembangan teori penulis harus bisa menyajikan informasi dalam bahasa yang mudah dipahami.

4. Diskusi Dan Rekomendasi

Seorang penulis artikel dalam menyusun artikel yang bersifat konseptual harus mampu mendiskusikan implikasi terkait pandangan-pandangannya terhadap isu yang dibahas, mampu menawarkan saran serta rekomendasi untuk perbaikan dan riset selanjutnya.

5. Kesimpulan

Cara menulis artikel konseptual yang terakhir adalah menarik kesimpulan. Hal ini sangat penting agar pembaca mampu melihat apa yang menjadi pokok pembahasan dalam artikel tersebut. Studi kasus yang telah penulis bahas dalam artikel mampu bermanfaat bagi banyak pihak.

Demikian tadi beberapa cara menulis artikel konseptual. Semoga ulasan tadi dapat memberikan referensi bagi yang ingin menulis artikel. Inti dari penulisan artikel yang konseptual adalah pembacaan literatur dan kemampuan penulis dalam mereview serta mendalami konsep yang ada.