Contoh Teks Editorial Kesehatan, Politk dan Sosial

Pernahkah Anda menemukan teks yang berisi pendapat pribadi seseorang tentang suatu masalah? Apakah Anda memiliki, sadar atau tidak, membaca teks editorial atau opini.

Untuk membedakan antara teks editorial dan teks lainnya, misalnya dengan teks pameran, kami akan memberikan contoh dan penjelasan.

Penigertian Teks editorial menurut para ahli

Menurut Dja’far H Assegaf dalam bukunya “Journalism Today” yang dikutip oleh Lyle Spencer dalam “Editorial Editorial”.

Editorial adalah pernyataan fakta dan pendapat dalam cara penulisan yang ringkas, logis, menarik, dan bertujuan untuk memengaruhi pendapat atau memberikan interpretasi atas sebuah cerita yang menonjol sedemikian rupa sehingga bagi sebagian besar pembaca surat kabar akan mendengarkan pentingnya tentang arti berita yang disajikan sebelumnya (Dja ‘lontano H. Assegaff: 1991).

Contoh teks editorial tentang kesehatan

BPJS kacau

Apakah Anda masih ingat beberapa waktu lalu dengan kesehatan kacau yang disebabkan oleh BPJS? Jadi siapa sebenarnya yang salah? Seperti kita ketahui, semua pihak tidak mau disalahkan, termasuk pemerintah dalam hal ini.

Meskipun pada kenyataannya pemerintahlah yang kurang antisipatif dalam hal ini, bagaimana mungkin BPJS tidak terlambat di hampir semua rumah sakit tanpa sejumlah kecil uang. Juga berdasarkan informasi yang beredar di beberapa rumah sakit, mereka dilaporkan mengancam kegagalan.

Pemerintah harus menyadari fakta bahwa sebuah rumah sakit memerlukan biaya operasi yang tidak terbatas, jika BPJS meminta rumah sakit untuk pendanaan di muka, pada akhirnya keuangan rumah sakit akan dihentikan.

Karena kekacauan itu, masyarakat akhirnya harus menjadi korban. Sementara perawatan kesehatan sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

Pemerintah sebagai pihak yang bertanggung jawab harus mengevaluasi program ini, karena kalau tidak layanan kesehatan di negara ini akan semakin buruk.

Contoh teks editorial tentang politik

Kecurangan pemilihan

Pemilihan umum Presiden dan Anggota Dewan berakhir beberapa waktu lalu. Meskipun sudah selesai, tidak semuanya berjalan baik, karena beberapa pihak menuduh ada beberapa pelanggaran dan penipuan yang dilakukan oleh salah satu mitra.

Masalah menipu salah satu mitra telah meningkatkan suhu politik di berbagai daerah, seperti dapat dilihat dari posting yang diposting di media sosial.

Pertanyaan penipuan tidak boleh dibatalkan, karena dikhawatirkan masalah ini akan menyebar dan dapat memecah belah persatuan dan persatuan di negara ini.

Peran pemerintah sangat diharapkan oleh masyarakat, setidaknya dapat mengatasi situasi dan kondisi, bahkan jika seperti yang kita ketahui Presiden aktif berjalan lagi untuk menjadi Presiden.

Pemerintah harus adil, walaupun ini tampaknya cukup sulit, mengingat beberapa waktu lalu ada indikasi bahwa pemerintah mendukung pasangan calon.

Contoh teks editorial di media sosial

Masalah transportasi online

Masalah transportasi transportasi yang belum selesai online dianggap oleh Indonesia Traffic Watch (ITW) karena kegagalan pemerintah dan kurangnya ketegasan dalam menegakkan hukum.

Diyakini bahwa pemerintah telah mengizinkan berbagai pihak untuk melanggar ketentuan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan transportasi jalan tanpa memberikan sanksi dan tindakan keras.

Kendaraan yang digunakan sebagai transportasi umum tidak memenuhi semua persyaratan yang disyaratkan, sehingga ini dapat menyebabkan konflik di masa depan.

Dengan munculnya transportasi online, ada pihak yang bertikai antara transportasi online itu sendiri dan transportasi konvensional.

Jika dibiarkan tidak dicentang bukan tidak mungkin, ini akan berdampak pada keselamatan banyak orang. Pemerintah harus menjadi pihak yang dapat memberikan keadilan bagi semua pihak, termasuk transportasi online dan transportasi konvensional

Sumber : https://materibelajar.co.id/