Contoh Teks Eksplanasi Banjir Bandang Terbaru

Contoh teks ekplanasi –  Banjir adalah fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia. Kita sudah tahu bahwa ini sebenarnya lebih disebabkan oleh aktivitas manusia, dan bagaimana dengan proses banjir?

Dalam artikel ini https://rumusrumus.com/ kami akan memberikan contoh teks ekplanasi tentang banjir yang bisa Anda cari selama kelas VII atau kelas XI yang Anda harap akan membantu Anda dengan topik Anda saat ini.

 

Contoh teks eksplanasi Banjir Bandang

Di bawah ini adalah contoh dari teks eksplanasi Banjir Bandang dan strukturnya, sehingga tidak perlu bingung mengenai bagian mana dari setiap struktur:

1. Pernyataan umum (pembukaan)
Ini dijelaskan di latar belakang banjir. Pernyataan umum yang sama sangat singkat.

Banjir tiba-tiba adalah banjir hebat yang terjadi secara tiba-tiba, mengalir dengan cepat dan bahkan mencuci benda-benda besar. Banjir juga disebut banjir. Banjir ini menimbulkan berbagai masalah, mulai dari masalah sosial hingga ekonomi, merusak berbagai struktur dan infrastruktur yang melintas. Selain aliran deras yang membawa berbagai bahan dari hulu, itu menghancurkan rumah-rumah penduduk.

2. Baris penjelasan (konten)
Dalam urutan penjelas, ini berisi penjelasan spesifik tentang mengapa banjir mendadak terjadi. Apa efeknya dan sebagainya.

Penyebab utama banjir bandang adalah proses orografis. Hujan orografis adalah hujan yang terjadi karena angin mengandung uap air dan bergerak secara horizontal. Jadi angin naik ke gunung, suhu dingin di pegunungan menyebabkan kondensasi dan akhirnya ada hujan di sekitar gunung. Karena hujan lebat, akhirnya menyebabkan banjir yang terjadi di daerah sepanjang aliran sungai.

Penyebab lain dari banjir tiba-tiba adalah pembentukan bendungan alami karena tanah longsor dari lereng di sepanjang aliran sungai. Bendungan alami ini biasanya dibentuk oleh tanah longsor dalam bentuk batu, tanah dan kayu dari pembalakan liar di sepanjang lereng. Bendungan alami yang dibentuk oleh tanah longsor ini menyebabkan air hujan dan air yang jatuh dari lereng diletakkan di atasnya untuk membentuk danau atau waduk besar. Semakin banyak hari air yang tersumbat bertambah banyak dan ketika bendungan alam tidak lagi mampu mempertahankan jumlah air, bendungan akan rusak. Kerusakan bendungan alami ini menyebabkan pelepasan sejumlah besar air dan aliran melalui lembah-lembah dan sungai-sungai tua dan menghantam segala sesuatu di depan.

Ada juga istirahat di bendungan atau reservoir. Hujan deras yang telah lama mengairi tanah dapat menyebabkan air ditambahkan ke cekungan atau bendungan. Jika jumlah air bertambah, itu bisa mencegah tanggul menahan aliran air yang terkumpul. Tanggul akan meledak dan mengeluarkan semua air yang terkumpul. Aliran air yang besar ini dapat membanjiri area di sekitar tangki. Terutama area yang memiliki ketinggian lebih rendah dari reservoir atau bendungan.

3. Penutupan (interpretasi)
Dalam penafsirannya, bagian ini juga merupakan pendapat penulis biasanya berisi inti dari penjelasan di atas.

Banjir yang tiba-tiba tidak dapat dianggap sebagai masalah tunggal, tetapi sesuatu yang disebabkan oleh beberapa faktor yang pada gilirannya mengundang banjir. Pemerintah dan masyarakat harus bersatu untuk menangani banjir sehingga dapat meminimalkan dampak negatif dari bencana alam pada situasi ini.

Contoh di atas lengkap dengan strukturnya, jadi semoga teman-teman saya mengerti dan puas dengan artikel ini. Tetapi jika Anda tidak puas, masih ada banyak contoh lain dari teks eksplanasi terima kasih !