Panorama Khayangan di Pantai Jonggring Saloka

pantai jonggring Saloka 

Pantai Jonggring Saloka di balik namanya yang kurang populer ini, tersimpan fenomena khas kahyangan loh. Nama Jonggring Saloka diambil dari cerita pewayangan yang merupakan nama sebuah kahyangan yang ditinggali oleh Batara Narada. Di pantai ini akan disajikan pemandangan khas kahyangan yang tersaji di Pantai Jonggring Saloka.

pantai jonggring Saloka 

Terdapat sebuah fenomena alam bernama “Watu Ngebros” yaitu dari kumpulan batu karang besar menjulang di bibir pantai ini yang keluar semburan air ke udara. Berasal dari hasil pertemuan dua arus gelombang besar dari selatan dan utara yang bertabrakan di satu titik berada di dalam rongga batu karang yang menghasilkan suara gemuruh cukup keras berbunyi “broossssss”. Konon dahulu suara “ngebros” itu terdengar hingga sejauh tujuh kilometer ke arah sekitar pantai.

Sekitar 200 meter ke arah barat dari rongga itu , wisatawan bisa menemui hamparan pasir hitam pekatdan tekturnya halus lembut. Selain itu, ada pula tempat menarik berupa sungai kecil dengan aliran menuju ke laut, namanya Gondang Towo. Airnya jernih dan bening kehijauan alami  dan bisa dikonsumsi, serta dijadikan tempat mandi. Area sekitar sungai ini sering digunakan wisatawan paket wisata malang 4 hari untuk berkemah.

Bagi wisatawan yang suka dengan acara adat Jawa, “Suroan” rutin diadakan setiap tanggal 1 Suro di Kalender Jawa. Ratusan warga dan beragam kegiatan adat bisa disaksikan seperti ngumbah keris dan sesembahan Nyi Roro Kidul

Fasilitas

Fasilitas di dalamnya terbilang masih minim, jadi untuk wisatawan diharapkan membawa perbekalan tersendiri dari rumah. Tetapi untu toilet dan mushola sudah tersedia disini.

Harga Tiket Masuk Pantai Jonggring Saloko

Cukup mengeluarkan biaya parkir yang murah meriah dan sudah termasuk HTM untuk masuk ke pantai ini:

  • Sepeda Motor Rp 5.000
  • Mobil Rp 10.000

Rute menuju pantai jonggring Saloka

Dari Malang menuju arah Kepanjen-Pagak-Pantai Ngliyep – lalu akan ada papan petunjuk arah ke donomulyo sampai menemukan pertigaan arah ke mentraman belok kiri ikuti saja satu-satunya jalan itu hingga sampai di pantai jonggring saloko. Jaraknya 70km dari malang dan memiliki waktu tempuh sekitar 2,5 jam untuk kesana.

Anda bisa berangkat sendiri menuju pantai ini dengan sepeda motor namun bila anda wisatawan dari luar malang sebaiknya menggunakan jasa perjalanan wisata di agar dapat mengunjungi banyak pantai di malang dan tidak ribet mengurus segala akomodasi.