Basmi Rayap Alami Tanpa Jasa Pembasmi Rayap

Membasmi rayap kini tidak harus memakai jasa pembasmi rayap. Anda bisa menggunakan cara-cara alami yang mudah Anda temui di kehidupan sehari-hari untuk membasmi rayap-rayap yang merusak kayu-kayu rumah Anda. Pertama, Anda bisa menggunakan kapur barus. Kapur barus merupakan cara paling umum yang bisa membasmi rayap. Letakkan kapur barus ini di tempat-tempat dekat kayu agar rayap tidak berkunjung ke tempat-tempat tersebut karena tidak menyukai bau dari kapur barus.

Kedua, Anda bisa menggunakan air bekas cucian beras. Anda bisa menyemprotkan air tersebut ke bagian-bagian yang sering terkena rayap. Ketiga, jika memiliki retakan-retakan pada tembok rumah Anda segeralah ditutup. Retakan ini bisa saja menjadi jalan untuk rayap-rayap masuk ke rumah Anda dan memakan furnitur kesukaan Anda. Keempat, membersihkan halaman rumah Anda. Rayap sangat suka dengan daerah yang lembap dan dingin. Maka dari itu, pastikan halaman rumah Anda bersih dari genangan-genangan air serta kayu-kayu yang kering agar rayap tidak mudah masuk rumah.

Anda tidak perlu memanggil jasa pembasmi rayap jika rumah Anda terdesain dan tertata dengan baik. Ada beberapa faktor yang dapat berpengaruh terhadap ada tidaknya rayap di rumah Anda. Pertama, adalah ventilasi udara. Pastikan ventilasi udara Anda tercukupi dan sinar matahari bisa masuk dengan baik sehingga rayap kemungkinan tidak dapat berkembang biak. Kedua, memelihara furnitur kayu Anda dengan baik. Anda harus rutin menjemur furnitur Anda agar tidak dihinggapi rayap.

Peletakkan furnitur juga dapat memengaruhi perkembangbiakan rayap di rumah Anda. Pastikan untuk menghindari kontak langsung antara furnitur Anda dengan tanah. Tanah merupakan media yang paling mudah dilewati rayap, sehingga dengan menutup akses tersebut, kemungkinan rayap masuk ke rumah Anda akan menjadi semakin kecil.

Selain itu, cara praktis membasmi rayap tanpa memerlukan jasa pembasmi rayap adalah dengan menggunakan bumbu-bumbu masakan. Dedaunan sejenis daun salam, daun kemangi, dan dedaunan lainnya dengan wangi yang khas sangat dibenci rayap. Anda bisa letakkan dedaunan tersebut di sekitar furnitur Anda.