Tips Membersihkan Karpet untuk Perawatan

tips membersihkan karpet

Siapa bilang membersihkan karpet itu sulit? Dalam perawatan karpet, Anda tidak perlu mencucinya dengan alat khusus. Proses cuci karpet cukup 1 sampai 2 tahun sekali saja, tergantung kondisi karpet Anda. Tapi untuk cara perawatan sehari – hari, Anda tidak perlu memaksakan diri terlalu keras dengan alat – alat khusus. Berikut adalah tips – tips membersihkan karpet yang bisa Anda coba:

Kombinasikan Vacuum Cleaner dengan Sikat Cuci Baju

Saat membersihkan karpet, pertama kali Anda harus membersihkan debu dan kotoran lain yang tidak terlalu menempel pada karpet. Untuk hal ini Anda cukup gunakan vacuum cleaner dan sikat cuci baju. Vacuum cleaner akan menarik semua debu yang menempel pada karpet dan sikat baju akan menyingkirkan hal seperti rambut dan kotoran lain yang sulit terhisap.

baca juga: laundry karpet bandung

Pastikan Menjemur Karpet Minimal 1 Bulan Sekali

Untuk menghindari serangan jamur dan bau apek pada karpet, Anda wajib menjemur karpet minimal 1 bulan sekali. Proses menjemur ini akan membunuh jamur – jamur dan juga membuat karpet terjaga kering. Jika karpet Anda tidak bisa dilepas dan dijemur, gunakan lampu panas dan setrika untuk proses pemanasan. Sayangnya untuk aroma tidak sedap tidak akan mudah hilang tanpa menggunakan sinar matahari langsung.

Gunakan Pengharum Setelah Selesai Dibersihkan

Nah, sebagai solusi bau yang tidak sedap tersebut, Anda jangan ragu menggunakan parfum pakaian untuk keperluan ini. Parfum pakaian biasanya mampu menjaga aroma karpet agar tidak terlalu menyengat dan tentunya lebih nyaman digunakan untuk bersantai.

baca juga: harga cuci karpet bandung

Gunakan Air Sabun dan Sikat Gigi Halus Untuk Noda

Anda tentu pernah mengalami tumpah kopi sehingga meninggalkan noda di karpet. Jika noda parah, Anda tidak ada pilihan lain selain mencucinya, tapi jika noda masih baru (2-4 menit), Anda bisa bergegas ambil air sabun dan menggosok dengan sikat gigi halus.

Pastikan menyikat bagian itu secara perlahan agar noda tidak menyebar. Setelah berbusa sedikit, lap hasil gosokan dengan kain. Ulangi proses ini sampai noda menipis ataupun hilang. Perlu diperhatikan tips membersihkan noda di karpet ini hanya berlaku untuk noda ringan tertentu saja seperti bekas teh, sirup, kopi ataupun sejenisnya.

Sekian bahasan empat tips yang bisa Anda gunakan untuk perawatan karpet tanpa harus mencucinya. Mudah – mudahan bahasan tips untuk membersihkan karpet ini berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!