5 Kebiasaan Mudah yang Dapat Mencegah Ketombe, Efektif!

cara menghilangkan ketombe membandel

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel – Pakaian yang rapi, tata rias yang oke, dan gaya rambut yang sedang tren, tidak akan membuat Anda percaya diri jika Anda sering menggaruk kepala karena ketombe. Begitu banyak yang menganggap ketombe sebagai momok. Namun, “kerak kepala” ini dapat diantisipasi dengan mudah.

Jangan menunggu ketombe datang. Lakukanlah lima hal berikut, ketombe akan malas mendekat.

1. Jangan Sering Ganti Shampo

Karakteristik rambut masing-masing orang pasti berbeda. Sehingga, bahan pembuat shampo dari berbagai merek juga bervariasi. Ketombe bisa muncul jika kandungan kimianya tidak cocok dengan karakteristik rambut Anda. Jadi sebaiknya Anda setialah dengan shampo yang sudah cocok dengan jenis rambut Anda.

2. Jangan Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Kulit kepala sama sebenarnya dengan kulit pada bagian tubuh yang lain. Jika Anda sering menggunakan produk dengan kandungan bahan kimia keras seperti pewarna rambut, kulit kepala Anda akan menjadi lebih sensitif. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari menggunakan produk semacam ini.

Hal ini juga berlaku untuk penggunaan produk seperti shampo diatas, maupun kondisioner. Pilih produk yang sesuai dengan karakter rambut dan kulit kepala Anda.

3. Menjaga Kelembaban Kulit Kepala

Ini sangat penting, terutama bagi Anda yang mengenakan hijab. Berusahalah agar rambut Anda terpapar sinar matahari secara teratur di pagi hari, walaupun itu hanya 5 hingga 10 menit. Paling tidak gerailah rambut Anda saat Anda tidak mengenakan jilbab.

Ini agar rambut Anda mampu bernafas. Untuk menjaga kulit kepala Anda tetap lembab.

4. Hindari Sinar Matahari

Sinar matahari saat siang hari tidak bagus untuk kulit maupun tubuh. Sama seperti kulit kepala. Kelenjar minyak akan menghasilkan minyak berlebih saat berada di kondisi yang sangat panas. Jadi ketika Anda sedang berada di luar ruangan, coba lindungi rambut Anda dengan topi, payung atau hijab.

5. Usahakan Mood Selalu Baik

Stres bisa menjadi pemicu timbulnya ketombe. Jika Anda stres, metabolisme tubuh akan meningkat. Hal ini bisa menjadi sebab munculnya minyak berlebih pada kulit kepala. Hingga akhirnya muncullah ketombe. Maka dari itu, kerjakan sesuatu yang potitif. Rutinkan olahraga, makan makanan bergizi dan kerjakan hobi Anda agar tidak stres.

Selain cara diatas, Anda bisa mengantisipasi datangnya ketombe dengan rajin memanfaatkan minyak zaitun dengan dicampur sari lemon. Salah satu manfaat minyak zaitun berguna untuk melembabkan kulit kepala, sedangkan sari lemon berfungsi mengikis kerak lapisan kulit kepala bagian atas.

Mudah kan? Teorinya memang mudah, namun prakteknya tidak segampang teori. Yuk rutin jalankan hal diatas agar ketombe menjauh.